Rabu, 04 Februari 2009

Demo, HMI Deklarasikan Gerakan Pemilih Cerdas

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) genap berusia 62 tahun. Pengurus Cabang HMI Pekanbaru memperingati miladnya dengan berdemo mendeklarasikan gerakan pemilih cerdas.

Riauterkini-PEKANBARU- Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Pekanbaru menggelar aksi turun ke jalan, Kamis (5/2/09), sempena peringatan hari jadi atau milad HMI ke-62. Aksi diawali dengan berdemo di tepi jalan Jendral Sudirman, tepatnya di depan bundaran air mancur walikota Pekanbaru.

Dari tepi jalan aktivis HMI Pekanbaru menggelar spanduk, poster dan secara bergantian menyampaikan orasi. Dalam orasinya, para aktivis HMI mengigatkan semua pihak untuk memanfaatkan momen pemilu sebagai sarana memperbaiki keadaan bangsa, karena itu para pemilih harus cerdas dalam menentukan pilihannya.

Dalam rangka mengajak masyarakat tepat dan benar menggunakan hak pilih, maka HMI Pekanbaru mendeklarasikan Gerakan Pemilih Cerdas. Dalam pernyataan sikap tertulis yang dibagikan pengunjuk rasa, ada tiga maklumat yang disampaikan. Pertama harus ada pergerakan membangun karakter dan kedaulatan bangsa, kedua bergerak menata demokrasi yang berhikmad pada kebijaksanaan dan ketiga bergerak memperkokoh kesatuan dan keragaman.

Keberadaan aksi di tepi jalan tersebut tak sampai menyebabkan kemacetan. Hanya arus lalu-lintas agak tersendat. Sejumlah pengendara sengaja memperlambat laju kendaraanya untuk melihat sejenak aksi tersebut.

Setelah puas menyuarakan aspirasi dari tepi jalan, massa kemudian bergerak dengan berjalan kaki menuju gedung Radio Republik Indonesia (RII) Pekanbaru. Di radio plat merah tersebut, massa meminta maklumatnya disiarkan secara langsung.

Secara umum jalannya aksi berlangsung aman, lancar dan damai. Terlihat beberapa polisi melakukan pengawalan untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk.

riauterkini.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar