Senin, 02 Maret 2009

Pekerja Seni Pekanbaru Dukung Erna Willianti


“ Potensi dan skill seniman di Riau ini tidak kalah dibandingkan para seniman-seniman dari daerah lain di Indonesia ini. Bahkan banyak yang mencapai prestasi puncak dipentas nasional maupun internasional,” Demikian ungkapan Rison Idham, Ketua Ikatan Perupa Moda Riau dalam pertemuan khusus antara seniman Riau dengan caleg Golkar nomer 8 dapil Pekanbaru Erna Willianti pada selasa (3/3/2009) kemarin.
Dalam pertemuan itu, Rison menyampaikan aspirasi dari para seniman Riau khususnya Kota Pekanbaru, bahwa potensi besar ini tidak maksimal tergarap oleh Pemerintah Derah maupun wadah kesenian yang ada saat ini. Menurutnya, seniman yang berada pada tataran grass root mempunyai banyak ide kreatif yang secara langsung mengaplikasikan budaya dan kesenian Melayu di propinsi ini. Namun hal ini belum tersentuh secara langsung, sehingga potensi besar tersebut hanya diketahui oleh segelitir komunitas saja.
“Kami menyampaikan aspirasi ini kepada Ibu Erna Willianti, mengingat beliau merupakan salah satu tokoh pendidikan yang konsen memperhatikan kesenian,”ujar Rison.
“Kedepan jika terpilih nanti, kami ingin Ibu Erna Willianti memperjuangkan komunitas seniman ini dengan memberi ruang kepada kami untuk terus berkarya,”tambahnya.
Kesempatan dan ruang karya yang diinginkan oleh para seniman ini berupa lokasi semacam pasar seni atau pun pameran seni yang dapat menampung semua jenis karya seni yang ada di Riau.
“Dengan adanya pasar seni itu, kesempatan kami untuk mengaplikasikan ideologis berkesenian dan berkarya dapat diapresiasi oleh masyarakat,”jelas Indra Maiyeldi owner Karefa Art Gallery.
Menanggapi hal ini, Erna Willianti menyebutkan bahwa berkesenian sangat penting untuk mewujudkan kecerdasaan anak bangsa. Hal ini tidak terlepas dari segi pendidikan dan hubungan sosial budaya yang secara langsung dapat terbina oleh para seniman.
“Kita akan berusaha dan memperjuangkan hal ini, sehingga pada kelanjutannya membuka lapangan pekerjaan bagi para pekerja seni di Riau ini,”imbuh Erna.
“Multiflyer effect akan terjadi jika kita konsisten melakukan yang terbaik dibidang seni ini, dan sebaiknya hal ini diperjuangkan melalui sistem pemerintahaan yang ada,”jelasnya.
Komitmen Erna memperjuangkan para pekerja seni, menjadi alasan para seniman ini memberi dukungan pada dirinya untuk maju menjadi wakil rakyat di DPRD Propinsi.
“Pilihan kami jatuh kepada ibu Erna Willianti, semoga pada akhirnya beliau mampu mencarikan solusi bagi kami untuk tetap berkarya,” ungkap Indra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar