Sabtu, 24 Januari 2009

DR Tang Anthoni : Sambut Baik Suku Tionghua Ikut Berpolitik


Munculnya sejumlah calon anggota DPRD Riau dari berbagai latar belakang kehidupan, termasukberbagai latar etnis, membuktikan bahwa demokrasi negara ini cendrung membaik. Tak ada lagi masyarakat yang dikotak-kotakan atau pembatasan terhadap hak dan kewajiban masing-masing. Hal ini diperkuat dengan keluarnya Undang-undang Kewarganegaraan. Semua warga negara mempunyai kesamaan hak dan kewajiban. Termasuk warga suku Tionghua yang selama ini terkesan di asingkan.
"Saya menyambut baik lahirnya undang-undang tersebut,sehingga warga suku Tionghua kini sudah memiliki kesamaan hak dan kewajiban dengan suku-suku lainnya di Indonesia, termasuk hak berpolitik," ujar Akademisi Universitas Negri Riau DR Tang Anthoni. Tang juga menyambut baik sudah banyaknya bermunculan para politisi yang berasal dari suku Tionghua, di antarannya Erna Willianti yang akan maju sebagai calon anggota DPRD Riau Nomor 8 daerah pemilihan Kota Pekanbaru.
"Ini langkah maju yang perlu mendapat dukungan semua pihak. Jika terpilih kelak harus mampu menjadi wakil rakyat yang amanah untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar. Visi dan misinya juga harus betul-betul bisa dijual,"tambah Tang yang juga berasal dari suku tionghua ini.
Tang juga berpesan agar caleg-caleg dari suku Tionghua mampu bersaing dengan politisi-politisi lainnya. Artinya, harus mampu menjadi wakil rakyat yang betul-betul mewakili kepentingan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar